Rabu, 26 Maret 2014

Benci? Sedih? Lega?

Benci? Tidak. Saya sayang dia. Menjauh pun rasanya tak sanggup. Tapi saya tau, makin lama, makin cinta, makin mendalam, makin menyakitkan.

Sedih? Tentu. Saya tidak bisa mengobrol dengannya lagi, tidak bisa bertemu dia lagi, tidak bisa memeluk dia lagi.

Lega? Iya. Menjaga jarak itu penting saat saya tau bukan saya yang dia mau. Memutuskan pergi saat sudah sejauh ini ya berat. Tapi harus.

Senin, 26 November 2012

Isi adalah kosong, kosong adalah isi

Isi adalah kosong, kosong adalah isi. Yep itulah kalimat yang sering diucapkan oleh biksu Tong Sam Tjong di film serial kera sakti. Apa sih artinya? Menurut sejarah, katanya sih itu kalimat artinya adalah isi itu sebenarnya gak ada, gitu juga sebaliknya. 

Alkisah ketika Avalokitesvara Bodhisattva sedang merenungkan Prajna Paramita yang sangat dalam itu, melihat tembus bahwa Panca Skandha adalah kosong, maka mengakhiri semua penderitaan dan kesusahan. Oh, Shariputra! Wujud tidaklah berbeda dengan kosong, kosong tidaklah berbeda dari wujud. Wujud sendiri adalah kosong, kosong sendiri adala wujud. Begitu juga perasaan, pengertian, perwujudan, dan kesadaran. Oh, Shariputra! semua dharma hakekatnya Kosong. Tidak ada dilahirkan, tidak ada kematian, tidak bernoda, tidak murni, tidak bertambah begitu juga berkurang. Karena itu, di dalam kosong tidak ada wujud, perasaan, pengertian, perwujudan, kesadaran; tiada mata, tiada telinga, tiada hidung, tiada lidah, tiada jasmani atau rohani; tida penglihatan, tiada pendengaran, tiada pembauan, tiada cita rasa, tiada sentuhan, tiada dharma; tiada alam pandangan juga tiada alam kesadaran. Tiada kegelapan rohani atau akhir kegelapan rohani, tiada usia tua dan kematian atau akhir dari usia tua dan kematian. Tiada derita, tiada asal mula derita, tiada akhir derita, tiada jalan itu; tiada kebijaksanaan, tiada pencapaian.
Ya ya ya cukuplah ya, saya yakin kalian ga ada yang ngerti, karena saya juga ga ngerti #laaaah. Jadi mari kita mengacu ke ilmu eksak aja deh, matematika... lebih mudah buat ngartiinnya (buat gue haha).

Yuk masuk ke himpunan, Himpunan adalah kumpulan dari objek yang sejenis dan dinotasikan dengan kurung buka dan tutup kurawal {}. 
Contoh :
A={a,b,c} 

Artinya himpunan A berisikan / berelemenkan a,b dan c. Dengan mudah diketahui  himpunan A mempunyai banyak anggota atau kardinalitas 3 dinotasikan |A|=3.

Himpunan juga bisa berisikan himpunan lain.
Contoh :
D={B,C} B={1,2} dan C={3,4}

Artinya D={{1,2}{3,4}}.

Oke sekarang andaikan kita punya himpunan E={1,2,3,4} pertanyaannya apakah himpunan D dan E sama ? Apakah {{1,2}{3,4}}={1,2,3,4}?

TIDAK... sekali lagi saya tegaskan TIDAK. Himpunan D berelemenkan himpunan {1,2} dan {3,4} sedangkan  E berelemenkan 1,2,3 dan 4. Jadi {1,2},{3,4} adalah himpunan sedangkan 1,2,3,4 merupakan elemen. Untuk lebih jelasnya lagi 1 dan {1} berbeda karena 1 adalah elemen dan {1} adalah himpunan. Oke Sekarang misalkan kita punya himpunan {a},{{a}} dan {{{a}}}. Apakah {a}={{a}}={{{a}}}?

Jawabannya adalah TIDAK. {a} berelemenkan a , {{a}} berelemankan himpunan {a}. dan {{{a}}} berelemenkan himpunan {{a}}.  Selanjutnya kita peroleh :

  1. |{a}|=1
  2. |{ a,{a} }|=2
  3. |{ a,{a},{{a}} }|=3
  4. |{ a.{a},{{a}},{{{a}}} }|=4
Empat poin itu didapat karena {a}≠{{a}}}≠{{{a}}}

Himpunan juga boleh tidak mempunyai isi atau elemen, yang disebut himpunan kosong yang dinotasikan {Ø} dengan |{Ø}|=0. Nah sekarang apakah {Ø}={{Ø}}?

Tentu saja tidak. {Ø} himpunan kosong sedangkan {{Ø}} himpunan berelemenkan {Ø} itu artinya |{{Ø}}|=1. Nah sekarang kita peroleh :

  1. {Ø} → 0
  2. {{Ø}} → 1
  3. { {Ø},{{Ø}} } → 2
  4. { {Ø},{{Ø}},{{{Ø}}} } → 3
  5. { {Ø},{{Ø}},{{{Ø}}},{{{{Ø}}}} } → 4
  6. { {Ø},{{Ø}},{{{Ø}}},{{{{Ø}}}}…… }  → n
Jadi menurut matematika kita bisa membuat/mengkontruksikan himpunan yang tak hingga banyaknya padahal himpunan tersebut sebenarnya kosong. Dengan matematika kita bisa membuat yang kosong menjadi tak hingga banyaknya padahal yang tak hingga banyaknya tersebut adalah kosong. Sekiranya begitulah arti dari “isi adalah kosong, kosong adalah isi”. Semoga kalian mengerti.... Tuhan bersama kalian~

from Ariaturns

Selasa, 30 Oktober 2012

Mantan


Apa sih mantan?? MANTAN : MANdan kemuTAN.

Sing jenenge mantan, arep kepriwe bentuke, ora bisa di kelalekna. Apamaning nek duwe mantan sing ayu kaya si.. .

Mantan kuwe macem-macem, ana mantan pacar, mantan presiden, mantan majikan, mantan copet lan mantan lia-liane. Sing tek bahas mantan pacar bae lah ya. Sing liane tah mbuh. Ora urusan, ora urunan, ora duwe duit.

Mantan kuwe bekas pacar. Maksude pacar sing wis dadi barang bekas. #eh
Mantan kuwe bekase nyong sing dadi jodohe wong lia.
Mantan kuwe jodohe wong lia sing ora sengaja tek jajal.

Jere biyungku, nek nyong duwe barang sing wis ora di nggo, lewih becik di sumbangnya maring wong sing ora mampu. Nah mulane kuwe mantanku siki wis tek sumbangna maring wong ora mampu (ora mampu duwe pacar). Itung-itung amal lah.. manut omongane biyungku. Durhaka mengko nek ora manut.

Mantan kuwe ana beberapa jenis :

  1. Mantan ora nguja. Mantan sing  pas lagi pacarane anu ora niat. Nemu neng ndalan, ujug2 tiba sekang langit, eh dadian deh.. Esih kemutan bae untung. Bareng putus wis babar blas ora di pikirna.
  2. Mantan tak terlupakan. Nah, kiye mantan sing bahaya. Bisa gawe galau wong se Indonesia Raya. Deleng bae kae pada curhat neng facebook/twitter ora bisa ngelalekna mantan. Pegaweane galau bae saben dina mikiri mantan. Mangan ora doyan, turu ora lali, ngising ora metu-metu, ngerti2 metu WC wis pindah negara saking suwe ngisinge.
Ben pada ora galau, tek wei tips ben bisa ngelalekna mantan :

  1. Nggolet pacar maning. Kiye cara sing paling ampuh nggo ngelalekna mantan, tapi ya cara sing paling angel di lakoni. Wis suwe putus, ora olih2 gantine. Suwe banget nganti lumuten. Kaya jenang jamuren.
  2. Ikhlas lan lakoni apa anane. Kiye mung ati sing bisa njawab. Jajal di celuk disit kae si Ati, njajal kon njawab.. *maksude ora kaya kuwe Plun!!*. Ya ya, maksude, ben ora kelingan mantan, dilakoni urip sing ikhlas. Sing uwis ya uwis. Aja mikiri masa lalu bae. Ibarate kaca spion kuwe cilik bentuke, nggo ndeleng mburi, esih ana kaca gede neng ngarep ben dewek maju nglakoni masa depan. *tumben bijak*
  3. Jedotna sirah meng tembok. Kiye salah sijine cara, nek cara liane wis ora manjur. Sapa ngerti sirahmu nek di jeblesna tembok dadi ilang ingatan. Aja sih mantan, jenenge dewek bae kelalen.
  4. Pacaran nganti kapok. Koe balikan maning karo mantanmu bae. Nek mantanmu wis duwe pacar ben bae ora urusan, nah kan koe dadi selingkuhan, ben ngrasakna sisan keprime rasane. Biasane nek wong dilarani nganti ping pindo bakalan kapok. Nek ora kapok berarti ya ndableg, cemplungna kali Serayu sisan. Nah, nek mantanmu ora gelem di ajak balikan, kuwe deritamu lah ya. Kawus. Rasakna. Nah, wis dilarani maning neng mantanmu, esih ora kapok? Tembak maning bae nganti di tolak ping sewidak rolas.
  5. Aja pacaran. Kiye jurus pamungkas ben bisa kelalen mantan. Carane kuwe aja pacaran. Nah, nek koe ora tau pacaran, ora bakal kelingan mantan. #pinterbangetnglewihiMarioTeguh.
Intine sih, mantan kuwe masa lalu. Ora bisa kelalen mantan kuwe masalah lu! Trus nyong kudu ngomong WOW kaya kuwe..??!! #orasudi


Wis akeh mbahas mantan, kayane sih nek di bahas terus ora bakal ana rampunge. 
Tapi masalahe, KOE DUWE MANTAN ORA PLUN???  NAAAHHH...!!!! (huruf gede)..

Aduh lah, ujug-ujug kebet ngising kiye nyong yah.. Wis disit lah ya semene bae, nyong arep ngising disit.. Asssalamualaikum..

Author : Daplun | @NgomongNgapak 

Gejala HIV



Tahap awal dari infeksi HIV, biasanya tdk menunjukkan tanda2 atau gejala apapun. #Edukasi 

biasanya gejala HIV juga akan muncul setelah 2-4 minggu setelah terinfeksi. #Edukasi 

ketika seseorang terinfeksi HIV ,maka gejala awal yg muncul terkadang mirip dengan flu atau infeksi virus biasa. #Edukasi 

gejala awal # HIV termasuk demam, sakit kepala,kelelahan, mual, diare, dan pembengkakan kelenjar getah bening leher ,ketiak & pangkal paha. 

karena gejala awal HIV hampir sama dg infeksi virus lainnya, itulah yg menyebabkan banyak orang tidak menyadari sudah terinfeksi #HIV 

pusat pengendalian penyakit CDC (Center for Disease Control) mengungkapnkan ada beberapa gejala #HIV stadium lanjut sbgi berikut : 


  1. kehilangan berat badan dengan cepat ,tanpa adanya alasan. #HIVstadium lanjut 
  2. Batuk kering dan parah, gejala #HIV stadium lanjut.
  3. Demam berulang atau berkeringat dingin saat malam hari, gejala#HIV stadium lanjut. 
  4. seringnya kelelahan ,meskipun tidak beraktifitas fisik. gejala #HIVstadium lanjut.
  5. Diare yg berlebihan lebih dari seminggu tanpa henti. gejala #HiVstadium lanjut.
  6. Depresi dan gangguan syaraf lainnya, gejala #HIV stadium lanjut.
  7. kehilangan memori secara tiba2. gejala #HIV stadium lanjut. 
untuk kepastian pengidap HIV harus cek ke Lab. #info 

Yang perlu di ingat fase nyata dari HIV yaitu AIDS terjadi cepat atau lambat bahkan 10th kemudian. #Reminder 

"Sehatlah bukan hanya untuk dirimu sendiri, tapi sehatlah demi setiap org yg menggantungkan hidupnya kepada mu. #SabdaSexSpiking"


Author : Miemie | @miemie19Falinda

Kamis, 18 Oktober 2012

Waktu



Waktu adalah kasus tipikal yang membuat kenangan menjadi indah.