Senin, 26 November 2012

Isi adalah kosong, kosong adalah isi

Isi adalah kosong, kosong adalah isi. Yep itulah kalimat yang sering diucapkan oleh biksu Tong Sam Tjong di film serial kera sakti. Apa sih artinya? Menurut sejarah, katanya sih itu kalimat artinya adalah isi itu sebenarnya gak ada, gitu juga sebaliknya. 

Alkisah ketika Avalokitesvara Bodhisattva sedang merenungkan Prajna Paramita yang sangat dalam itu, melihat tembus bahwa Panca Skandha adalah kosong, maka mengakhiri semua penderitaan dan kesusahan. Oh, Shariputra! Wujud tidaklah berbeda dengan kosong, kosong tidaklah berbeda dari wujud. Wujud sendiri adalah kosong, kosong sendiri adala wujud. Begitu juga perasaan, pengertian, perwujudan, dan kesadaran. Oh, Shariputra! semua dharma hakekatnya Kosong. Tidak ada dilahirkan, tidak ada kematian, tidak bernoda, tidak murni, tidak bertambah begitu juga berkurang. Karena itu, di dalam kosong tidak ada wujud, perasaan, pengertian, perwujudan, kesadaran; tiada mata, tiada telinga, tiada hidung, tiada lidah, tiada jasmani atau rohani; tida penglihatan, tiada pendengaran, tiada pembauan, tiada cita rasa, tiada sentuhan, tiada dharma; tiada alam pandangan juga tiada alam kesadaran. Tiada kegelapan rohani atau akhir kegelapan rohani, tiada usia tua dan kematian atau akhir dari usia tua dan kematian. Tiada derita, tiada asal mula derita, tiada akhir derita, tiada jalan itu; tiada kebijaksanaan, tiada pencapaian.
Ya ya ya cukuplah ya, saya yakin kalian ga ada yang ngerti, karena saya juga ga ngerti #laaaah. Jadi mari kita mengacu ke ilmu eksak aja deh, matematika... lebih mudah buat ngartiinnya (buat gue haha).

Yuk masuk ke himpunan, Himpunan adalah kumpulan dari objek yang sejenis dan dinotasikan dengan kurung buka dan tutup kurawal {}. 
Contoh :
A={a,b,c} 

Artinya himpunan A berisikan / berelemenkan a,b dan c. Dengan mudah diketahui  himpunan A mempunyai banyak anggota atau kardinalitas 3 dinotasikan |A|=3.

Himpunan juga bisa berisikan himpunan lain.
Contoh :
D={B,C} B={1,2} dan C={3,4}

Artinya D={{1,2}{3,4}}.

Oke sekarang andaikan kita punya himpunan E={1,2,3,4} pertanyaannya apakah himpunan D dan E sama ? Apakah {{1,2}{3,4}}={1,2,3,4}?

TIDAK... sekali lagi saya tegaskan TIDAK. Himpunan D berelemenkan himpunan {1,2} dan {3,4} sedangkan  E berelemenkan 1,2,3 dan 4. Jadi {1,2},{3,4} adalah himpunan sedangkan 1,2,3,4 merupakan elemen. Untuk lebih jelasnya lagi 1 dan {1} berbeda karena 1 adalah elemen dan {1} adalah himpunan. Oke Sekarang misalkan kita punya himpunan {a},{{a}} dan {{{a}}}. Apakah {a}={{a}}={{{a}}}?

Jawabannya adalah TIDAK. {a} berelemenkan a , {{a}} berelemankan himpunan {a}. dan {{{a}}} berelemenkan himpunan {{a}}.  Selanjutnya kita peroleh :

  1. |{a}|=1
  2. |{ a,{a} }|=2
  3. |{ a,{a},{{a}} }|=3
  4. |{ a.{a},{{a}},{{{a}}} }|=4
Empat poin itu didapat karena {a}≠{{a}}}≠{{{a}}}

Himpunan juga boleh tidak mempunyai isi atau elemen, yang disebut himpunan kosong yang dinotasikan {Ø} dengan |{Ø}|=0. Nah sekarang apakah {Ø}={{Ø}}?

Tentu saja tidak. {Ø} himpunan kosong sedangkan {{Ø}} himpunan berelemenkan {Ø} itu artinya |{{Ø}}|=1. Nah sekarang kita peroleh :

  1. {Ø} → 0
  2. {{Ø}} → 1
  3. { {Ø},{{Ø}} } → 2
  4. { {Ø},{{Ø}},{{{Ø}}} } → 3
  5. { {Ø},{{Ø}},{{{Ø}}},{{{{Ø}}}} } → 4
  6. { {Ø},{{Ø}},{{{Ø}}},{{{{Ø}}}}…… }  → n
Jadi menurut matematika kita bisa membuat/mengkontruksikan himpunan yang tak hingga banyaknya padahal himpunan tersebut sebenarnya kosong. Dengan matematika kita bisa membuat yang kosong menjadi tak hingga banyaknya padahal yang tak hingga banyaknya tersebut adalah kosong. Sekiranya begitulah arti dari “isi adalah kosong, kosong adalah isi”. Semoga kalian mengerti.... Tuhan bersama kalian~

from Ariaturns

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mengerti namun tak paham wkwkwkwkwkwk