Sabtu, 08 Oktober 2011

Over The Rain


Cinta itu bisa datang dan pergi sesuka dia, kata Khalil Gibran cinta itu tidak dimiliki oleh siapa pun, cinta itu memiliki dirinya sendiri, dan tak ada yang memiliki hak atas cinta itu sendiri. Kalo kata Donny dalam film jomblo, cinta bisa datang, cinta bisa pergi, cinta bisa memilih, tapi cinta ga bisa menunggu. Yup, definisi atas cinta benar-benar beragam. Kadang dengan cinta, seseorang rela disakti walaupun ribuan kali. Kadang dengan cinta seolah semua mengalahkan logika.







Udah baca ceritaku tentang cowok hujan?? Yup, cerita itu masih berlanjut. Setelah si cowok menemukan pelangi, seolah bahagia yang dia rasa. Dia ga peduli apa kata orang-orang disekitar, mata dia udah ketutup oleh pelangi yang baru aja ditemukan. Apapun bakal dia lakuin asal si cewek tersenyum dan bahagia.
Pernah denger ga, kalo setelah ada pelangi muncul bencana. Kayak pelangi yang muncul sebelum gempa di bagian jawa barat. Tapi ini cuma kata-kata dari seseorang, aku sih ga pernah yakin. Kata-kata ini aku pake buat mengkisahkan cerita kelanjutan dari cowok hujan yang sudah menemukan pelanginya.
“Ask me nicely to be yours. How?” Sebuah kalimat yang dibuat si cewek untuk kembali ke pelukan si cowok. Puzzle yang berantakan ini ingin dibenahi kembali. Ada perasaan kehilangan dari si cewek. Rasa nyaman yang dia butuhkan. Si cowok dengan senang meng-iya-kan keinginan si cewek. Tapi akankah ini berakhir seperti sebelumnya?
Ternyata mendapatkan sesuatu lebih mudah dari pada merawat dan menjaganya. Itu juga yang dirasain si cowok. Dia berusaha menjaga komunikasi, menjaga sikap, menjaga hati. Perhatian yang diberikan si cewek mulai ga konstan. Beda sikap di awal jadian dengan akhir-akhir ini mulai tampak. Membangunkan sholat subuh, mengingatkan makan, menanyakan kabar udah ga pernah didapetin si cowok semenjak si cewek marah-marah.
Dia marah gara-gara si cowok menanyakan keadaan si cewek. Waktu itu si cewek nangis, si cowok telpon dengan cemas. Si cowok pengen ngerti apa yang bikin si cewek nangis. Di telpon si cewek hanya diem dan menangis, si cowok tanya,” Kmu kenapa? Cerita toh…”. Ternyata kata-kata si cowok ini bikin si cewek marah. “kenapa sih tanya-tanya terus?? Kmu egois!!!” kata si cewek sambil menutup telpon. Si cowok kelimpungan, dia cuma ingin tau apa yang terjadi tp malah dimaki-maki. Si cowok mencoba sabar, mungkin si cewek lagi tertekan. Si cowok mencoba mencari informasi ada apa dengan si cewek. Si cowok dapet kabar ternyata ibu si cewek sakit, jdi dia harus mengurus rumah dan adek-adeknya. Suatu hal yang susah ketika kmu juga salah satu aktifis di kampus. Konsentrasi dia mungkin terbagi, itu hal yang berusaha dimaklumi si cowok. Si cowok bener-bener dicuekin. Hampir ga ada kabar sama sekali, sempat si cowok dengan egois bertanya,”,ask me nicely to end this relationship. How?”. Si cowok bener-bener ga ngerti harus gimana. Si cewek pun telpon, dia ingin semuanya ga berjalan dengan ribet dan ga usah mikir macem-macem. Dia ingin kondisi yang santai. Ok, si cowok mengikuti kemauan si cewek. Seenggaknya si cewek ada usaha untuk pertahanin hubungan mereka. Seminggu berlalu dengan keadaan yang hampir sama, si cewek masih ga kasih kabar. Untuk sms aja si cewek ga pernah sanggup, padahal dia bisa update status di facebook dan bales tiap komen yang ada. Si cowok mulai terbiasa dengan keadaan seperti ini. Apapun asal si cewek bahagia, karena itu do’a yang sering dia minta termasuk harus diperlakukan seperti ini.

Suatu hari si cewek ada acara kampus di luar kota. Si cowok cuma bisa kasi semangat dan minta kabar dari si cewek. Seharian dia juga ga kasi kabar sama sekali. Si cowok hanya ngerti dia sudah sampe lewat updatean status di facebook. Si cowok hanya positive thinkin’, berusaha ngerti si cewek lagi ga mau diganggu. ‘Mengerti’ ternyata sebuah kata yang susah, disatu pihak bisa melakukan tp belum tentu dipihak lain bisa. Si cowok takut ngeganggu si cewek, jadi dia ga sms. Adapun sms cuma tanya kpan si cewek pulang. Si cowok pengen jemput walau cuma di terminal. Si cewek cuma bilang dia ga tau pulang kapan, lagian dia bareng teme-temennya. “It’s ok, aku tetep tunggu kabar dari kamu aja” kata si cowok. Si cowok cuma berusaha bertahan dalam keadaan kayak gini. Walau sakit yang dirasa, si cowok berusaha menjalani jalan yang udah dia pilih.

Pernah denger lagunya Endah dan Resha? Judulnya when you love someone. Lagunya recommended  banget tuh. Pada reff liriknya gini: when you love someone just be brave to say that you want him to be with you, when you hold your love don’t ever let it go or you will loose your chance to make your dreams come true. Ternyata megang hati itu susah, dan ada layaknya kita biarin dia pergi.

Malem sekitar jam 8 si cewek sms, dia bilang klo dia udah sampe. Dia lagi di apotek beli obat. Si cowok tanya siapa yang sakit, tp ga dijawab. Si cowok udah terbiasa dengan keadaan ini, jadi ga kaget klo sms-nya ga dibales. Lagi pula si cowok juga lagi kuliah. Sesampe di rumah si cewek tiba-tiba sms, dia ingin mengakhiri hubungan yang ada. Dia ngrasa ga bisa bahagiain si cowok dan dia ga bisa jdi dirinya sendiri. Padahal selama ini si cowok hanya nuntut diperlakukan sewajarnya orang pacaran dan minta kabar. Si cowok juga sampe detik ini belum ngerti gimana cara bahagiain si cewek, tp si cowok terus berusaha bahagiain termasuk untuk disakiti. Tapi ini udah keputusan dia, apapun si cowok lakuin agar si cewek bahagia. Dulu si cewek minta STAY, dan sekarang ada waktunya si cowok untuk pergi. Jejak-jejak langkah kecil si cewek masih melekat, dan bikin si cowok belajar menjadi lebih dewasa. Ada kata-kata bijak dari temen si cowok yang sempet jadi status di facebook: when you love someone, just let them go. For if they return they were always yours. And if they don’t, they never were. Dan aku tau, ternyata si cewek itu ga akan pernah kembali. Si cowok hanya bisa mengikhlaskan pelanginya, pelangi yang pernah mewarnai hari-hari walau hanya untuk sementara. Ada saatnya kita harus merelakan seseorang yang kita sayang, seseorang yang kita cinta pergi demi kebahagiannya. Pahit manis udah si cowok rasain, dia cuma berharap suatu saat ada cowok lain yang bisa bahagiain si cewek dan dia bukan seorang cowok hujan. Seorang cowok yang lebih sabar, lebih luas hati, dan lebih dari apa yang dia inginkan.


Cowok Hujan, based from a true story of a friend
Wahyu Agung E

Tidak ada komentar: